Javascript Programming: Part 3

Konsep dasar programming:Lanjutan

Komputer hanya dapat memahami ‘ ya ’ dan ‘ no ’ tanpa bantuan perangkat lunak / program. Jika kita masuk ke detail yang sedikit lebih aneh, kita melihat bahwa komputer benar-benar melihat ‘ ya ’ dan ‘ no ’ sebagai 1 dan 0. Sekali lagi kita dapat mengatakan bahwa program adalah set instruksi tertulis yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.

Karena betapa bodohnya komputer itu, programmer selama bertahun-tahun telah menulis program yang membuatnya lebih mudah bagi kita untuk ‘ berbicara ’ ke komputer. Salah satu program yang membuat hidup kita lebih mudah adalah browser web.

Dibangun di Internet Explorer, Netscape, dan sebagian besar browser web lainnya adalah kemampuan untuk memahami bahasa pemrograman yang disebut JavaScript. Dengan JavaScript kita secara tidak langsung dapat mengontrol komputer.

Saya harap penjelasan dasar pemrograman ini sedikit memudahkan Anda membaca.

Oke, itu banyak informasi abstrak yang perlu diperhatikan, mari lihat sesuatu yang lebih konkret.

Apakah pemrograman HTML dan CSS?

Kita tahu sekarang bahwa HTML dan CSS digunakan untuk membangun halaman web. Ini adalah pertanyaan yang muncul dari waktu ke waktu; karena HTML dan CSS pada dasarnya hanya banyak kode yang digunakan untuk memberi tahu browser apa yang harus ditampilkan (HTML) dan bagaimana menampilkannya (CSS), bukankah itu pemrograman? Jawabannya adalah ‘ TIDAK ’ ;, dan inilah sebabnya:

Perbedaan mendasar antara pengkodean (mis: HTML, CSS) dan pemrograman (JavaScript, Java) adalah bahwa dalam pemrograman Anda dapat membuat keputusan berdasarkan sesuatu yang terjadi.

Misalnya, Anda dapat menulis sedikit JavaScript yang menyebabkan kotak pesan kecil muncul jika pengguna (orang yang melihat halaman Anda) melakukan sesuatu. Ini dapat mengeklik tombol atau menekan tombol ‘ C ’ pada keyboard dll.

Ini tentu saja penyederhanaan situasi tetapi pada dasarnya menutupinya. Ini bisa membingungkan karena di dunia internet bisa ada ‘ abu-abu ’ area di mana tanpa menggunakan pemrograman Anda bisa mendapatkan browser untuk melakukan sesuatu sendiri. Contohnya adalah tag META ‘ menyegarkan ’ ;. Tag ini memungkinkan Anda memberi tahu halaman web untuk memuat ulang dirinya sendiri atau memuat halaman yang sama sekali baru setelah beberapa detik atau menit. Inilah tag META ‘ menyegarkan ‘ sepertinya:

<meta http-equiv='refresh' content='3; URL=http://www.carabikinwebsite.com'>

Tag ini memberi tahu browser untuk memuat halaman: http://www.carabikinwebsite.com setelah 3 detik.

Beberapa orang akan sedikit bingung dan mengatakan bahwa karena kode tag META memberi tahu browser untuk melakukan sesuatu, itu adalah pemrograman. Kanan? Salah!! Alasan bahwa itu bukan pemrograman adalah karena tidak ada keputusan yang dibuat. Tidak peduli apa pun yang mungkin terjadi (selama mereka tetap di halaman selama setidaknya 3 detik) halaman akan secara otomatis memuat situs web di Meta tag (dalam hal ini: http://www.carabikinwebsite.com ).

Untuk menjadikan contoh ini bertindak seperti benar-benar diprogram, Anda harus dapat (misalnya) mengontrol apakah browser akan memuat ulang halaman atau halaman lain bergantung pada, katakanlah, apa yang dilakukan pengguna pada halaman tersebut.

Contoh mudah: misalkan Anda memiliki kotak di halaman web tempat pengguna dapat memasukkan angka, dan tergantung pada nomor yang dimasukkan, browser akan memuat halaman tertentu.

Ini menunjukkan bagaimana pemrograman memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan sebanyak mungkin kemungkinan yang Anda inginkan.

Satu contoh lagi: Anda dapat, dengan JavaScript, memeriksa untuk melihat browser apa yang digunakan pengguna untuk melihat halaman web Anda dan jam berapa hari itu. Jadi dengan informasi ini Anda dapat mengirim orang ke situs web tertentu jika, katakanlah, sebelum jam 12 siang dan mereka menggunakan Internet Explorer sebagai browser mereka. Dan Anda juga dapat memprogram untuk mengirim mereka ke situs web lain jika sudah lewat jam 12 malam dan mereka menggunakan Netscape. Kombinasi apa pun adalah mungkin dan itulah kekuatan pemrograman!

Titik akhir

Ini hanya bagian pertama dari seri ini, di bagian kedua saya perlahan-lahan akan memperkenalkan Anda pada lebih banyak konsep yang akan memberi Anda dasar yang Anda butuhkan untuk masuk ke beberapa pemrograman nyata. Dengan sedikit kesabaran, dalam waktu singkat, Anda semua akan pemrograman!